IMPIAN BUKAN HALUSINASI bersama CIKGU TERE

MENJADI BUKAN GURU BIASA

Pertama kali melihat profil Narasumber pada kulwap ke 12 ini, jum’at 31 oktober 2020, saya speakless dan saya kira Bu Guru muda yang cantik ini adalah seorang fotomodel atau photografer. Ternyata seorang guru yang pernah berada dekat dengan kota saya. Ada pada deretan Best Achievement beliau diantaranya Juara 1 Guru berprestasi tingkat kecamatan Padalarang Jawabarat tahun 2014 . Tiga nomor prestasi di Bandung Barat perbatasan Bandung Cianjur, tempat saya tinggal. Andaikan saya menyadari saat itu pasti saya sudah berguru langsung pada Bu Guru Theresia, kebetulan tahun itu saya masih bolak balik proses penjilidan Tesis.

Cikgu Tere memang bukan guru biasa. Ada 25 poin prestasi yang tercatat yang sungguh spektakuler. Banyak prestasi tingkat provinsi,Nasional bahkan Internasional. Prestasi yang luar biasa yang membelalakkan mata saya yaitu peserta short Course ke Luar Negeri, program 1000 guru ke Luar Negeri tahun 2019. Belum lama ini Cikgu Tere sebagai finalis lomba Mathematic Teaching Learning Model (MTLM ) tingkat Internasional. Sungguh Luar Biasa, di luar kebiasaan banyak guru yang lain dan memang beliau bukan guru biasa. Terbukti menerbitkan buku di penerbit mayor.

Moderator kami di Komunitas Sejuta Guru Ngeblog angkatan 16 untuk resume ke 12, Ibu Aam Nurhasanah yang juga penulis buku di penerbit mayor mulai mengantarkan perkuliahan untuk peserta pelatihan Belajar menulis bersama Om Jay. Saya bangga menjadi peserta pelatihan ini. Banyak tokoh sukses yang hebat dan mereka peserta KSGN juga. Saya mulai mempunyai impian besar.

FOKUS PENGAMATAN LINGKUNGAN

Materi kuliah yang diberikan oleh Ibu Guru nun jauh di sana di NTT sangat berbobot dan penting semua. Terbayang saat beliau menerima penghargaan sebagai Tim Pengembang Konten Artikel di Komunitas belajar guru penggerak Dirjen P3GTK Kemendikbud oktober 2020 ini, mungkin bagi saya itu saya sedang “halu.” Tapi bagi Bu Tere jam terbang menulisnya sudah sangat banyak. Theresia Sri Rahayu yang lahir di kuningan 13 september 1984 yang 5 tahun lebih muda dari saya tapi sudah menghasilkan banyak karya megah. Untuk ide brilian beliau menyarankan fokus pengamatan lingkungan terdekat. Yang biasa kita jalani dari ide sederhana akan menjadi ide brilian.

MIND MAP SAYA SUKA

Bu Guru Tere mampu memberikan tips-tips menjadi penulis handal dengan langkah-langkah yang sepertinya mudah diikuti. Beliau sering menulis di draft tulisan handphone terlebih dulu. Salah satu artikel beliau yang paling saya suka adalah yang menggunakan mind mapnya Tony Buzan untuk proses pembuatan tulisan. Saya jadi belajar mengatasi writer block, kebuntuan menulis yang menurut beliau harus dicari penyebabnya apakah faktor internal atau eksternal. Dengan mind map yang disarankan cikgu Tere rasanya saya mau menulis lagi. Padahal tadinya saya sudah mulai menyerah. Kalah sebelum berperang. Berhenti sebelum menerbitkan buku solo. Sungguh itu tidak boleh terjadi.

PENINGKATAN MUTU GURU

Beberapa stetmen ampuh beliau tentang meraih mimpi bahwa terkadang ada orang yang menjadi keluar powernya karena tertimpa musibah atau berada dalam keterpurukan. Beliau juga bercerita terkadang guru-guru yang lain heran mengapa bu Tere selalu sibuk menulis di blog ? Jawabannya dengan yakin karena beliau bukan guru biasa dan karena menulis di blog lebih keren dari pada menulis di sosial media biasa.

Berkenaan dengan keinginan”naik kelas” ini cara saya meraih mimpi yaitu dengan :

  • Daring workshop
  • Live work shop dengan google meet
  • Instalasi dan konfigurasi E learning melalui What App grup seperti di KSGN
  • Berpikir positiv
  • Tetapkan target/ fokus pada tujuan
  • Maksimalkan potensi
  • Miliki mind set pembelajar
  • Ciptakan lingkungan yang mendukung
  • Mengatur waktu seepektif mungkin.

Jangan lihat gambar saya

Mungkin ini teknik saya menulis. Yang tadinya hanya ingin menerbitkan sebuah buku minimal 1 buku seumur hidup saya. Sekarang malah saya bermimpi ingin menjadi penulis terkenal. IZ SHAFUR penulis modul My Game PAI, terkadang mungkin seperti halu. Istilah halusinasi sekarang. Tapi saya percaya fluktuatifnya kehidupan. Seperti naik turunnya data statistik blog saya. Bulan lalu rendah, sekarang sedang tinggi. Tips mengatasi hambatan dari lingkungan menurut cikgu Tere yaitu :

  • Fokus meraih kesuksesan
  • Mengabaikan hambatan
  • Tutup mata tutup telinga
  • Jalin relasi dengan yang 1 frekuensi
  • Raih energi positiv
  • Ikuti tutorial para Narasumber di KSGN

Filosofi Mata Ubiquitous

Ekosistem Ubiquitous Learning ,dari http://www.cikgutere.com, membuat saya tersadarkan. Bahan dan referensi belajar ada di mana-mana. Seperti pandangan 2 mata kucing yang berbeda. Berbeda warna, berbeda fungsi tetapi dalam 1 jiwa yang totalitasnya tinggi. Memiliki skala prioritas dan mampu mengambil peluang mengatasi tantangan. Saya yakin bermimpi itu bukan halusinasi. GOD WILLING.

Bravo KSGN !

Diterbitkan oleh Iz Shafura

Graduate from magister program.

10 tanggapan untuk “IMPIAN BUKAN HALUSINASI bersama CIKGU TERE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: